Pages

Labels

Rabu, 09 Januari 2013

AMIK BSI-TEKNIK KOMPUTER

ANALISA 4 LINE PROGRAM ASSEMBLER

Tugas Arsitektur Komputer
NAMA : SARZAN ARIEF PURNAMA
NIM : 13111697
KELAS : 13.3D.01


ORG 0000    //mulai program dari alamat 0000

MULAI : MOV P2,#00H ;//isikan 00 heksadesimal ke port 2
ACALL DELAY ;//tunda waktu
MOV P2,#FFH ;//isikan FF heksadesimal ke port 2
ACALL DELAY ;//tunda waktu
SJMP MULAI ;//Mengulang/ lompat ke MULAI

PENJELASAN INSTRUKSI
1. Instruksi MOV
   Intruksi MOV adalah menyalin isi data dari register yang satu ke register lain,dengan format sebagai berikut:
    MOV source, dest  //salin data dest ke source
2. Instruksi SJMP
Instruksi SJMP adalah perintah untuk mengulang atau melompat dengan contoh format sebagai berikut: SJMP MULAI  //melompat kembali ke mulai.

ANALIS:
Program dalam bahasa assembly yang di contohkan di atas adalah statement yg berurutan, Dan beberapa statetmnt yg lain disebut directive. Setiap intruksi  adalah memerintahkan CPU untuk melakukan suatu hal, sedangkan directive( petunjuk arah ) memberikan arahan bagi assembler cara menterjemahkan kode di belakang ungkapan directive tersebut. Ambil contoh, instruksi MOV dan SJMP adalah sebuah perintah, sedangkan ORG adalah directive bagi assembler. ORG dalam contoh di atas meminta kepada assembler bahwa opcode selanjutnya agar dalam memory lokasi 0. ACALL DELAY adalah sebuah perintah untuk memanggil fungsi menunda waktu, jadi setiap program yg d selingi maka perintah itu akan d tunda hingga perintah pertama selesai d jlankan. Sedangkan perintah P2,#00H dan P2,#FFH adalah perintah mengisikan nilai pda port-port yang dituju sesuai kebutuhan, P2 adalah port dituju untuk menyimpan nilai yang di tentukan, 00H dan FFH adalh nilai yang akan di masukanke port tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar