Pages

Labels

Selasa, 08 Januari 2013

mikrokontroler dan mikroprosesor

1.   jelaskan pengertian dari mikon serta persamaan dan perbedaan  mikon dan mikroprosesor
Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. Dengan adanya mikon Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas, rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi, pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak. Di dalam mikrokontroler terdapat mikroprosesor, BUS, clock/osilator, RAM, EPROM, timer dan port I/O seperti halnya mikrokomputer. Mikrokontroler bekerjanya menempel (embedded) pada suatu alat. Seperti halnya mikrokomputer, mikrokontroler untuk beroperasi memerlukan program. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa rakitan (assembly) yang sintaksis dan kompilasinya tergantung pabrik pembuat,

Persamaan mikroprosesor dengan mikrokontroler
Umumnya mikroprosesor ataupun mikrokontroler dikemas dalam bentuk IC.

Perbedaan mikroprosesor dengan mikrokontroler
Diantara perbedaannya adalah :
~ Dari segi arsitekturnya mikroprosesor merupakan single chip CPU, didalam chip mikrokontroler selain terdapat CPU juga terintegrasi ROM, RAM, Eprom, paraler interface, interrupt controler, timer, dll (tergantung dari jenis mikrokontroler)
~ Dari segi aplikasinya, mikroprosesor hanya berfungsi sebagai CPU yang menjadi otak komputer, sedangkan mikrokontroler yang ukurannya relatif kecil umumya diberikan untuk tugastugas yang berorientasi kontrol pada rangkaian yang membutuhkan jumlah komponen minimum dan konsumsi biaya rendah ( low cost ).

2.   jelaskan fungsi dari adc pada mikon atmega16?
Fungsi ADC atau Analog to Digital Converter adalah untuk mengubah data analog menjadi data digital yang nantinya akan masuk ke suatu komponen digital . data tersebut bisa berupa bilangan biner, heksa ataupun decimal tergantung pemograman yang dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar